Yesus Adalah Guru Agung

Yesus Adalah Guru Agung
Yesus Tuhan Ku

Kamis, 17 September 2015

PENGARUH PAK DEWASA DALAM KELUARGA KRISTEN



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pendidikan Agama Kristen mengajarkan setiap orang Kristen untuk mengenal Tuhan Yesus dengan dasar iman yang benar. Proses belajar mengajar yang alkitabiah, dengan kuasa Roh Kudus dan berpusatkan pada Kristus. Pendidikan Agama Kristen juga merupakan suatu usaha untuk membimbing setiap pribadi bertumbuh sesuai dengan dasar kristen melalui cara-cara mengajar yang cocok agar mengetahui dan mengalami maksud dan rencana Allah (Roma 8:29).
Kaum pemuda merupakan suatu masalah yang sukar dan penting bagi Gereja Kristen dewasa ini. Kaum pemuda di Indonesia tentu saja menyerupai pemuda di seluruh dunia. Dimana-mana kaum pemuda bergerak dan bertindak. Mereka suka berbaris dan beraksi. Mereka menggemari perarakan dan upacara. Mereka ingin berorganisasi serta mengikuti pemimpin-pemimpin yang dikagumi.[1]
Permasalahan yang sering terjadi saat ini pada keluarga Kristen adalah karena para orang tua sering tidak mempunyai dasar ajaran didikan kristen yang teguh dan benar. Para orang tua sering melupakan pengajaran kristen kepada anak-anak mereka, sehingga banyak anak yang tumbuh dengan masalah-masalah kenakalan yang membuat kerugian bagi anak dan terutama keluarganya sendiri. Setelah anak telah beranjak remaja kemudian dewasa, maka tidak mungkin lagi kita tuntut untuk berubah karena seseorang yang telah dewasa mempunyai prinsip dan tujuan hidupnya sendiri. Oleh karena itu Pendidikan Agama Kristen (PAK) dewasa ini mempunyai pengaruh yang cukup banyak dalam sebuah keluarga kristen.
            Pada bab selajutnya penulis akan membahas tentang pengaruh PAK Dewasa itu dalam keluarga kristen.


BAB II
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DEWASA
DALAM KELUARGA KRISTEN

A.   Pengertian Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dewasa
Pendidikan Agama Kristen adalah pendidikan yang berisi ajaran tentang iman Kristen. Maksudnya ajaran yang menekankan pada moral dan mental serta rohani seseorang (anak didik), penekanan pendidikan mengarah pada tiga  aspek pendidikan yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap, yang terjadi pada proses belajar mengajar secara sistematis.
Ada perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa jika ditinjau berdasarkan umur, ciri psikologis, dan ciri biologis. Pendidikan bagi orang dewasa adalah semua aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh orang dewasa dalam kehidupan sehari-hari yang hanya menggunakan sebagian waktunya dan tenaga untuk memperoleh atau menambahkan intelektualnya.[2]
Jadi kesimpulan pengertian PAK Dewasa adalah seluruh aspek pendidikan yang didasarkan pada tinjauan Alkitabiah teologis, dan kerohanian, dalam hal kerohanian orang dewasa yang mengarahkan orang dewasa agar dapat menjalani kehidupan spiritual dengan baik dan benar sehingga menjadi berdampak positif bagi orang lain, baik dalam gereja, masyarakat dan dimanapun berada.

B.   Tujuan PAK Dewasa
Tujuan PAK dewasa ini dapat kita lihat yaitu merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk membimbing dan mengarahkan setiap orang untuk memiliki kesadaran dalam tingkat kedewasaan dan kematangan yang dia miliki dan dapat ditunjukkannya dalam berbagai hal baik dalam moralitas, maupun mental spiritualnya.
PAK haruslah di pahami sebagai isi sekaligus proses dari pengajaran Firman Tuhan, yang memimpin seseorang menjadi pelaku dan hidup sesuai dengan nilai-nilai utama dari Firman Tuhan. PAK sekaligus menjadi lembaga untuk mengimplementasikan Firman Tuhan menjadi bagian hidup individu dan komunitas masyarakat beragama Kristen di dalam seluruh dimensi kehidupan mereka. Dalam tingkatan tertentu, PAK bisa diatur sebagai media penginjilan dan menjadikan semua orang sebagai Kristen yang matang dan dewasa secara spiritual.[3]
PAK dewasa dalam keluarga kristen adalah untuk membimbing perkembangan seseorang menuju kedewasaan yang sesuai dengan pola-pola kristiani dan berlandaskan Firman Allah.

C.   Pengertian Keluarga Kristen
Keluarga menurut KBBI adalah ibu dan bapak beserta anak-anaknya, seisi rumah.[4]
a.    Dalam Konteks PL
Dalam bahasa Ibrani tidak ada kata khusus yang bisa diterjemahkan langsung  sebagai "keluarga" dalam arti yang kita kenal sekarang. Kata yang dipakai  dalam bahasa Ibrani adalah mispaha, tetapi mempunyai konotasi yang lebih luas  dari pada keluarga (kaum), karena yang termasuk dalam anggota kaum ini  kadang-kadang lebih dari satu bahkan tiga generasi keluarga sekaligus. Kata Ibrani yang mempunyai arti yang lebih dekat dengan keluarga sebagai unit  terkecil adalah bayit (arti harafiahnya= rumah), yaitu rumah dan penghuni  yang menempatinya, atau istilah yang kita lebih kenal adalah "rumah tangga". Yos 7:16-18
b.    Dalam Konteks PB
Kata yang paling umum dipakai untuk "keluarga" dalam PB adalah: oikos, oikia (rumah), artinya rumah tangga, tapi juga diartikan sebagai umat. Kata Yunani lain yang dipakai adalah patria, tetapi dipakai lebih banyak  untuk menekankan tentang asal-usul keluarga (keturunan).

D.   Pembagian Kelompok Orang Dewasa
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dewasa berarti suatu keadaan yang menunjukkan akil balik yakni berumur 15 tahun ke atas. Dikatakan orang dewasa dimana individu yang telah menyelesaikan pertumbuhannya dan siap menerima kedudukan dalam masyarakat bersama dengan orang dewasa lainnya. Dikatakan orang dewasa dimana seseorang akan berusaha sedapat mungkin untuk menangani masalah mereka secara individual.
 Pada masa yang lampau kelompok orang dewasa di golongkan hanya dalam satu  kelompok, yaitu orang dewasa. Tapi dari perkembangan ilmu psikologi, kita  dapatkan bahwa ada tingkatan-tingkatan perkembangan pada orang dewasa yang  membentuk pola tertentu pada kelompok umur tertentu. Oleh karena itu dalam  ilmu psikologi sekarang kelompok orang dewasa biasanya dibagi menjadi 3  kategori:
1. Orang dewasa muda (18-34 tahun)
2. Orang dewasa madya (35-60)
3. Orang dewasa tua (61 keatas)

E.   Peranan PAK Dewasa Terhadap Keluarga Kristen Untuk Membangun Tubuh Kristus
PAK dewasa ini memiliki peranan bagi keluarga kristen dalam membangun tubuh Kristus. Karena sebuah gereja para anggotanya pasti terdiri dari orang-orang dewasa yang sangat berpotensial atau yang paling mengambil peran utama di kalangan gereja. Bagaimanakah PAK dewasa dapat memberikan peran / tugas dan tanggung jawabnya dalam menghasilkan orang-orang dewasa yang takut akan Tuhan, yaitu dengan cara :
-       Melayani orang-orang dewasa untuk benar-benar percaya pada Tuhan.
-       Memperlengkapi jemaat secara kesatuan bertumbuh ke arah  kedewasaan dalam Kristus.
-       Mempersiapkan program pendidikan bagi jemaat.
-       Melaksanakan pengajaran iman Kristen Alkitabiah (PA).
-       Meningkatkan kualitas hidup rohani yang bertanggung jawab.[5]

F.    Peran Anggota Keluarga Kristen Menurut PAK Dewasa
Beberapa peran para anggota keluarga kristen menurut pembelajaran dari PAK Dewasa, yang saya kutip dari salah satu blog Pendidikan Agama Kristen (PAK)[6] adalah:
1.    Suami/Ayah
Kehidupan dalam keluarga merupakan hubungan yang diikat oleh perkawinan dan hubungan darah yang diatur/diperintah oleh kekuasaan seorang kepala rumah tangga, yaitu ayah. Kekuasaan ini pada umumnya sangat dominan dan absolut sifatnya. Itu sebabnya seluruh kehidupan keluarga selalu berpusat pada figur ayah. Selain sebagai kepala rumah tangga, seorang suami/ayah mempunyai tugas:
-    Menjadi iman bagi keluarga
-    Melindungi keluarga dan kesejahteraannya
-    Mendidik anak
-    Mengajar firman Tuhan.
-    Menjadi teladan bagi keluarganya dan anak-anaknya.
-    Mengambil keputusan demi kepentingan seluruh anggota.
2.    Isteri/Ibu
Allah menciptakan laki-laki dan wanita dengan kedudukan yang sederajat. Tuhan menghargai sifat-sifat mereka sebagaimana mereka diciptakan sesuai dengan peran dan fungsinya yang berbeda. Namun demikian kejatuhan manusia dalam dosa menimbulkan ketidak serasian fungsi dan tugas keduanya. alam kehidupan PL, istri/wanita sering mendapat perlakuan yang kurang pada tempatnya. Istri/wanita lebih sering diperlakukan sebagai harta kepemilikan. Dalam tugas keluarga, isteri/ibu menjalankan tugasnya sbb.:  
-    Tunduk kepada kepada suaminya.
-    Melahirkan anak
-    Melakukan tugas-tugas rumah tangga
-    Mendidik anak-anak ketika masih kecil
-    Menjadi wakil kepala rumah tangga
-    Menjunjung tinggi kedudukan suami
3. Anak-anak
Anak adalah tujuan perkawinan (Mazm 127:3-5), terutama anak laki-laki. Anak sulung mendapat kedudukan istimewa, yaitu menjadi ahli waris utama (dua kali lebih banyak)  dari anak perempuan. Tugas seorang anak dalam keluarga adalah :
-       Menghormati orang tua.
-       Mengasihi orang tua dan sesama anggota keluarga lainnya.
-       Melakukan tugas dan kewajiban di dalam keluarga.

G.   Pengaruh PAK Dewasa Terhadap Keluarga Kristen
Bagian mengenai waktu menyatakan bahwa masa kini adalah satu-satunya waktu yang benar-benar ada untuk kita, dan dalam masa kini terdapat warisan masa lampau dan kemungkinan masa depan. Alasan untuk memperhatikan masa kini dapat diungkapkan secara sederhana. Waktu yang terlibat secara langsung dalam kehidupan adalah masa kini. Oleh karena itu pengetahuan pendidikan dipakai manusia untuk masa kini. Kemudian berlanjut dengan masa depan. Seperti pada dimensi pendidikan masa depan ditelusuri orang untuk pertama kalinya mulai ingin tahu mengenai hakikat pendidikan.[7] Ini adalah merupakan visi dari PAK untuk kita dimasa sekarang dan masa depan yang merupakan mimpi semua keluarga. Oleh sebab itu saya mengambil beberapa kesimpulan pengaruh PAK Dewasa terhadap Keluarga Kristen adalah sbb :
1.    PAK Dewasa memberikan dasar/prinsip kebenaran Firman Tuhan. Mengajarkan pengajaran yang benar sesuai dengan Alkitab (lebih dari sekedar mendengarkan kotbah) dan pendeta/pembimbing membantu keluarga menjajagi Firman Allah secara sistematis untuk menemukan berita kebenaran Firman Allah untuk generasi ini.
2.    Keluarga Kristen ditolong untuk hidup sebagaimana Kristus menghendaki dan mampu mengaplikasi Firman Tuhan yang dipelajari itu dalam kegiatan sehari-hari dan menolong memecahkan masalah-masalah yang timbul karenanya.
3.    Bagi keluarga Kristen PAK Dewasa membangun kasih untuk memberitakan keselamatan kepada  keluarga atau orang-orang lain yang terhilang.



BAB III
KESIMPULAN

Setelah membahas tentang pengaruh PAK Dewasa dalam keluarga kristen ini maka saya mengambil kesimpulan yaitu, PAK Dewasa ini memberikan didikan bagi orang dewasa yang telah memasuki usia dewasa agar mengerti kebenaran, tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang yang telah dewasa. Dalam pola kehidupan dan tingkah laku, seseorang yang telah dewasa ini juga masih perlu untuk di didik agar tidak mengambil langkah atau keputusan yang salah. Dan juga PAK Dewasa  mengajarkan seseorang bagaimana nanti dia akan menjadi orang tua yang merawat dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.








 
DAFTAR PUSTAKA

E.G Homrighausen & Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2012.

Thomas H. Groome, Christian Religious Education, Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2010.

Elia Tambunan, Pendidikan Agama Kristen : Handbook untuk Pendidikan Tinggi, Yogyakarta: IllumiNation, 2013.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Elektronik.





[1] E.G Homrighausen & Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2012) Hlm. 138
[3] Elia Tambunan, Pendidikan Agama Kristen : Handbook untuk Pendidikan Tinggi, (Yogyakarta: IllumiNation, 2013) Hlm. 45-46
[4] KBBI Elektronik
[7] Thomas H. Groome, Christian Religious Education, (Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2010) Hlm. 9-11

1 komentar: